Gambar

Jumat, 12 Februari 2010

Generasi bahasa Pemograman

Bahasa-bahasa yang digunakan untuk mengatur perangkat keras computer telah mengalami evolusi beberapa kali. Sampai sejauh ini, dikenal adanya 5 generasi bahasa pemrograman. Kecendrungan yang terjadi, bahasa-bahasa pemrograman bergeser dari pendekatan yang berorientasi kepada mesin menuju ke pendekatan yang berorientasi pada manusia.

Pada dasarnya bahasa pemrograman dapat dibedakan menjadi:
Bahasa Mesin (Mnemonic Code)
Bahasa mesin adalah bahasa yang berisi kode-kode mesin yang hanya dapat diinterpretasikan langsung oleh mesin komputer. Bahasa ini merupakan bahasa level terendah dan berupa kode numerik 0 dan 1. Sekumpulan instruksi dalam bahasa mesin dapat membentuk microcode (semacam prosedur dalam bahasa mesin). Keuntungan: Eksekusi cepat Kerugian: Sangant sulit dipelajari manusia

Bahasa Assembly

Bahasa assembly adalah bahasa simbol dari bahasa mesin. Setiap kode bahasa mesin memiliki simbol sendiri dalam bahasa assembly. Misalnya ADD untuk penjumlahan, MUL untuk perkalian, SUB untuk pengurangan, dan lain-lain. Sekumpulan kode-kode bahasa assembly dapat membentuk makroinstruksi. Bahasa assembly juga memiliki program untuk men-debugnya tidak seperti bahasa mesin. Misalnya: Turbo Assembler dan debug pada DOS. Assembler akan mencocokkan token dari awal dengan akhir dan dikodekan menjadi bahasa mesin. Kelebihan: Eksekusi cepat, masih bisa dipelajari daripada bahasa mesin, file kecil Kekurangan: Tetap sulit dipelajari, program sangat panjang.

Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language)

Bahasa tingkat tinggi adalah bahasa pemrograman yang lebih tinggi daripada bahasa assembly. Bahasa ini lebih dekat dengan bahasa manusia. Bahasa inilah yang akan dibahas pada matakuliah ini. Bahasa ini juga memberikan banyak sekali fasilitas kemudahan pembuatan program, misalnya: variabel, tipe data, konstanta, struktur kontrol, loop, fungsi, prosedur dan lain-lain. Contoh: Pascal, Basic, C++, dan Java.
Keuntungan:
-Mudah dipelajari
-Mendekati permasalahan yang akan dipecahkan
-Kode program pendek Kerugian: Eksekusi lambat Bahasa generasi ini disebut juga bahasa generasi ke-3 (3rd Generation Programming Language). Bahasa inilah yang akan kita pelajari dalam Algoritma dan Struktur Data 1

Bahasa yang berorientasi pada masalah spesifik (specific problem oriented).
Bahasa ini adalah bahasa yang digunakan langsung untuk memecahkan suatu masalah tertentu. Misalnya SQL untuk database, Regex untuk mencocokkan pola string tertentu. Bahasa ini juga masuk ke bahasa tingkat tinggi. Bahasa ini disebut juga bahasa generasi ke-4 (4th Generation Programmming Language).

Comments :

0 komentar to “Generasi bahasa Pemograman”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by All About Computer Science