Gambar

Jumat, 12 Februari 2010

Ancaman Keamanan Komputer

Serangan pada suatu sistem jaringan komputer sendiri pada dasarnya memiliki tiga gelombang tren utama yaitu (Schneier, 2000):

• Gelombang pertama adalah serangan fisik. Serangan ini ditujukan kepada fasilitas jaringan, perangkat elektronik, dan komputer. Sebagai pertahanan terhadap serangan jenis ini biasanya digunakan sistem backup ataupun sistem komputer yang terdistribusi, sehingga mencegah kesalahan di sate titik mengakibatkan seluruh sistem menjadi tak bekerja.

• Gelombang kedua adalah serangan sintaktik. Serangan ini ditujukan terhadap kerentanan (vulnerability) pada software, celah yang ada pada algoritma kriptografi atau protokol. Serangan Denial of Services (DoS) juga tergolong pada serangan jenis ini. Serangan jenis inilah yang saat ini paling populer. Tetapi cara penanganannya telah diketahui dan biasanya pihak administrator atau pengguna yang lalai menerapkannya.

• Gelombang ketiga adalah serangan semantik. Serangan jenis ini memanfaatkan arti dari isi pesan yang dikirim. Dengan kata lain adalah menyebarkan disinformasi melalui janngan, atau menyebarkan informasi tertentu yang mengakibatkan timbulnya suatu kejadian. Pada dasarnya banyak pengguna cenderung percaya apa yang mereka baca. Sering kali keluguan mepercayai berita ini disalahgunakan pihak tertentu untuk menyebarkan isu-isu yang menyesatkan.

Sedangkan datangnya ancaman keamanan pada komputer bisa terjadi karena terjadinya serangan dari dalam atau lokal komputer (local attack), karena melakukan akses ke Internet, dan karena adanya serangan hacker (Hacker attack). Serangan lokal (Local attack) atau console hacking adalah usaha rekan kita sendiri untuk mengakses data secara tidak baik. Jadi para penyerang dapat mengakses komputer secara fisik dan berusaha masuk ke dalam penyimpanan data. Bahaya sewaktu berinternet sudah dimulai sewaktu kita berselancar dan dapat dibagi atas dua bagian besar: Remote Controlled PC , Infeksi Digital: virus dan Trojan.

Cracker adalah seseorang yang masuk ke sistem orang lain, biasanya di jarngan komputer, mem-bypass kata Sandi atau lisensi program komputer, atau secara sengaja melawan keamanan komputer. Cracker dapat mengerjakan hal tertentu untuk keuntungan, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukkan kelemahan keamanan sistem.

Comments :

0 komentar to “Ancaman Keamanan Komputer”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by All About Computer Science