Gambar

Jumat, 12 Februari 2010

Etika Penggunaan Teknologi Informasi

Etika secara umum didefinisikan sebagai suatu kepercayaan atau pemikiran yang mengisi suatu individu, yang keberadaannya bisa dipertanggungjawabkan terhadap masyarakat atas perilaku yang diperbuat. Biasanya pengertian etika akan berkaitan dengan masalah moral. Moral adalah tradisi kepercayaan mengenai perilaku benar dan salah yang diakui oleh manusia secara universal. Perbedaannya bahwa etika akan menjadi berbeda dari masyarakat sate dengan masyarakat yang lain.

Sebagai misal bahwa penggunaan software bajakan yang berkembang di Asia saat ini bisa mencapai lebih dari 90%, sedangkan di Amerika kurang dari 35%. Ini bisa dikatakan bahwa masyarakat pengguna software di Asia kurang etis dibanding di Amerika. Contoh lain misalnya kita melihat data orang lain atau perusahaan lain yang menjadi rahasianya, berarti kita bertindak kurang etis.

Menurut James H. Moore profesor di Darmouth, berpendapat bahwa etika komputer terdiri dari dua aktivitas utama yaitu, waspada dan radar bahwa bagaimana komputer memengaruhi masyarakat, karena itu hares berbuat sesuatu dengan merumuskan yang memastikan bahwa teknologi tersebut digunakan secara tepat.

Pentingnya Etika Komputer

• Kelenturan logika, yaitu kemampuan mernrogram komputer untuk melakukan apa pun yang kita inginkan

• Faktor transfor masi, yaitu komputer bisa mengubah secara drastis cara kita melakukan sesuatu.

• Faktor tidak kasat mata, yaitu semua operasi internal komputer tersembunyi dari penglihatan, yang membuka peluang pada nilai-nilai pemrograman yang tidak terlihat, perhitungan yang remit terlihat clan penyalahgunaan yang tidak tampak.

Masyarakat memiliki hak atas akses komputer, keahlian komputer, spesialis komputer, dan pengambilan keputusan komputer. Hak atas akses komputer, yaitu setiap orang berhak untuk mengoperasikan komputer dengan tidak hares memilikinya.

Richard O. Masson, seorang profesor di Southern Methodist University, telah mengklasifikasikan hak atas informasi berupa privasi (privacy), akurasi (accuracy), kepemilikan (property), dan aksesibihtas (accessibility.

Untuk memecahkan permasalahan etika komputer, jasa informasi harus masuk ke dalam kontrak sosial yang memastikan bahwa komputer akan digunakan untuk kebaikan sosial. Jasa informasi membuatkontrak tersebut dengan m'dividu dan kelompok yang menggunakan atau yang dipengaruhi oleh output informasinya. Kontrak tersebut tidak tertuhs tetapi tersirat dalam segala sesuatu yang dilakukan jasa informasi.

Etika IT di perusahaan

Penerapan etika dalam penggunaan teknologi informasi di perusahaan sangat pent Mig. Etika tersebut akan mengantarkan keberhasilan perusahaan dalam proses pengambilan keputusan manajemen. Kegagalan pada penyajian informasi akan berakibat risiko kegagalan pada perusahaan. Penerapan etika teknologi informasi dalam perusahaan harus dimulai dari dukungan pihak manajemen puncak terutama pada Chief Information - officer (CIO).

Rencana sepuluh langkah dalam mengelompokkan perilaku dan menekankan standar etika berupa:

• Formulasikan suatu kode perilaku.

• Tetapkan aturan prosedur yang berkaitan dengan masalah-masalah seperti penggunaan jasa komputer untuk pribadi dan hak milik atas program dan data komputer.

• Jelaskan sanksi yang akan diambil terhadap pelanggar, seperti teguran, penghentian, dan tuntutan.

• Kenali perilaku etis.

• Fokuskan perhatian pada etika secara terprogram seperti pelatihan dan bacaan yang disyaratkan.

• Promosikan undang-undang kejahatan komputer pada karyawan. Simpan suatu catatan formal yang menetapkan pertanggungjawaban tiap spesialis informasi untuk semua tindakan, dan kurangi godaan untuk melanggar dengan program-program seperti audit etika.

• Mendorong penggunaan program rehabilitasi yang memperlakukan pelanggar etika dengan cara yang sama seperti perusahaan mempedulikan pemulihan bagi alkoholik atau penyalahgunaan obat bins.

• Dorong partisipasi dalam perkumpulan profesional.

• Berikan contoh.

Comments :

0 komentar to “Etika Penggunaan Teknologi Informasi”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by All About Computer Science