Gambar

Senin, 15 Maret 2010

Manajemen Informasi


Manajer mengelola 5 (lima) jenis sumber daya, yaitu:
1. Manusia
2. Material
3. Mesin (termasuk fasilitas dan energi)
4. Uang
5. Informasi (termasuk data)

Tugas manajer adalah mengelola kelima sumber daya tersebut agar dapat digunakan dengan cara yang paling efektif, dengan cara menggunakan sumber daya konseptual untuk mengelola sumber daya fisik.

Manajer memandang penting manajemen informasi pada tahun-tahun terakhir ini, alasannya:

1. Kompleksitas kegiatan bisnis yang meningkat
Saat ini bisnis lebih kompleks dari pada sebelumnya.
2. Kemampuan komputer yang semakin baik
Perkembangan komputer yang semakin semakin cepat membuat komputer semakin baik dalam hal ukuran dan kecepatannya.

Terdapat 3 (tiga) tingkat-tingkat manajemen, yaitu:
1. Stategic Planning Level (Tingkat Perencanaan Strategis)
Keputusan-keputusan yang diambil mempengaruhi seluruh organisasi pada tahun-tahun yang akan datang. Misalnya direktur dan para wakil direktur.
2. Management Control Level (Tingkat Pengendalian Manajemen)
Bertanggung jawab melaksanakan rencana dan memastikan tercapainya tujuan. Misalnya manajer wilayah, direktur produk, dan kepala divisi.
3. Operation Control Level (Tingkat Pengendalian Operasional)
Bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer ditingkat yang lebih tinggi, tempat berlangsungnya operasi perusahaan. Misalnya kepala departemen, penyelia (supervisor), pemimpin proyek.

Menurut Henri Fayol, manajer melaksanakan 5 (lima) fungsi-fungsi manajemen yang utama, yaitu:
1. Plan, merencanakan apa yang akan mereka lakukan
2. Organize, mengorganisasikan untuk mencapai rencana tersebut
3. Staff, menyusun staf organisasi mereka dengan sumber daya yang diperlukan
4. Direct, mengarahkan untuk melaksanakan rencana
5. Control, mengendalikan sumber daya agar tetap beroperasi secara optimal.


Manajer memang harus memiliki banyak keahlian, tetapi ada 2 (dua) keahlian yang mendasar yaitu:
a. Keahlian berkomunikasi (lisan maupun tertulis)
b. Keahlian memecahkan masalah (problem solving).


Dua jenis pengetahuan manajer yang merupakan kunci dalam menggunakan komputer adalah:
a. Mengerti komputer (keunggulan, kelemahan, serta mampu menggunakan)
b. Mengerti informasi (bagaimana menggunakan informasi, memperoleh informasi,
membagi informasi, dsb).

Comments :

0 komentar to “Manajemen Informasi”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by All About Computer Science