Gambar

Senin, 11 Oktober 2010

History Of Al


Di awal abad 20, seorang penemu Spanyol, Torres y Quevedo, membuat sebuah mesin yang dapat men’skak-mat’ raja lawannya dengan sebuah ratu dan raja.
Perkembangan secara sistematis kemudian dimulai segera setelah diketemukannya komputer digital. Artikel ilmiah pertama tentang Kecerdasan Buatan ditulis oleh Alan Turing pada tahun 1950, dan kelompok riset pertama dibentuk tahun 1954 di Carnegie Mellon University oleh Allen Newell and Herbert Simon. Namun bidang Kecerdasan Buatan baru dianggap sebagai bidang tersendiri di konferensi Dartmouth tahun 1956, di mana 10 peneliti muda memimpikan mempergunakan komputer untuk memodelkan bagaimana cara berfikir manusia. Hipotesis mereka adalah: “Mekanisme berfikir manusia dapat secara tepat dimodelkan dan disimulasikan pada komputer digital”, dan ini yang menjadi landasan dasar Kecerdasan Buatan.

AI berkaitan erat dengan disiplin ilmu lain antara lain (has roots in a number of scientific disciplines)
– computer science and engineering (hardware and software)
– philosophy (rules of reasoning/aturan pertimbangan)
– mathematics (logic, algorithms, optimization/ logika, algoritma,optimasi)
– cognitive science (ilmu kognitif) and psychology (modeling high level human/animal thinking/ pemodelan pemikiran tingkat tinggi untuk manusia dan hewan)
– neural science (ilmu syaraf) (model low level human/animal brain activity/pemodelan aktivitas otak tingkat rendah untuk manusia dan hewan))
– linguistics (ilmu bahasa),Ekonomi dll.

• The birth of AI (1943 – 1956)
– Pitts and McCulloch (1943): simplified mathematical model of neurons (resting/firing states) can realize all propositional logic primitives (can compute all Turing computable functions). Rangkaian Boolean model pikiran. Penyederhanaan model neuron yang dapat direalisasikan dengan semua logika primitive proposional.
– Allen Turing: Turing machine and Turing test (1950). Mesin Turing dan Turing Test.
– Claude Shannon: information theory; possibility of chess playing computers. Teory informasi, kemungkinan dalam permainan catur oleh computer.

• Early enthusiasm (1952 – 1969)
– 1956 Dartmouth conference. Dalam konferensi “Artificial Intelligence” diadopsi dan dianggap sebagai kelahiran AI.
– 1958 Emphasize on intelligent problem soving: Penekanan pada intelligent problem solving antara lain : John McCarthy mengembangkan bahasa pemrograman AI yaitu LISP;
Marvin Minsky membuat mesin neural network pertama (first neural network machine);
Alan Newell and Herbert Simon mengembangkan GPS (analis means-ends);
Resolution by John Robinson: John Robinson menyelesaikan algoritma untuk pertimbangan dan ini menjadi dasar untuk pembuktian teorema secara otomatis (basis for automatic theorem proving);
• Emphasis on knowledge (1966 – 1974)
– AI menemukan kompleksitas komputasi, penelitian Neural network hampir lenyap. Muncul paradigma representasi pengetahuan (Knowledge representation paradigms atau KR)
– declarative vs. procedural representation: Muncul pertentangan antara representasi deklaratif dan representasi procedural.
– 1972 Bahasa PROLOG (Programming in Logic) pertama kali dikembangkan oleh Alain Colmenrauer dan P.Rousssel di universitas Marseilles Perancis.

• 1969 – 1979 Pengembangan awal system berbasis pengetahuan (Knowledge-based systems):
– DENDRAL: the first knowledge intensive system (determining 3D structures of complex chemical compounds/ menentukan struktur 3D senyawa kimia kompleks)
– MYCIN: first rule-based expert system (containing 450 rules for diagnosing blood infectious diseases). merupakan system pakar berbasis aturan pertama yang memuat/terdiri atas 450 aturan untuk mendiagnose penyakit infeksi darah.
– PROSPECTOR: first knowledge-based system that made significant profit (geological ES for mineral deposits). Sistem berbasis pengetahuan pertama yang membuat keuntungan yang berarti. Sistem ini merupakan sistem pakar (ES) geologi untuk endapan mineral.

• AI became an industry (1980 – 1989). AI menjadi suatu industri.
– wide applications in various domains. Penggunaan AI secara luas dengan berbagai variasi domain.
– commercially available tools. Pengkomersialan AI. Penjualan hardware berbasis AI ke perusahaan-perusahaan.

• 1986-1988. Neural Networks kembali popular

• Current trends (1990 – present)
– more realistic goals (Tujuan dibuat lebih realistic)
– more practical (application oriented). Lebih praktis berorientasi aplikasi.
– distributed AI and intelligent software agents.
– resurgence of neural networks and emergence of genetic algorithms. Munculnya algoritma genetika

Beberapa definisi AI:
1. Studi tentang bagaimana membuat computer dapat mengerjakan sesuatu yang dapat dikerjakan oleh manusia (Rich, 1991).
2. Cabang ilmu computer yang mempelajari otomatisasi tingkah laku cerdas (Setiawan, 1993).
3. Suatu perilaku mesin yang jika dikerjakan oleh manusia akan disebut cerdas (Turing, et al, 1996).
4. Untuk mengetahui dan memodelkan proses-proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia (John McCarthy, 1956)

Para pakar setuju bahwa Kecerdasan Buatan berhubungan dengan dua ide dasar:
1. Menyangkut studi proses berpikir manusia.
2. Berhubungan dengan merepresentasikan proses tersebut melalui mesin (komputer, robot dll).

Manusia dikatakan cerdas dalam menyelesaikan permasalahan harus mempunyai bekal pengetahuan dan pengalaman. Pengetahuan diperoleh dari belajar. Semakin banyak bekal pengetahuan yang dimiliki tentu akan lebih mampu menyelesaikan permasalahan. Tapi bekal pengetahuan saja tidak cukup, manusia juga diberi akal untuk melakukan penalaran,mengambil kesimpulan berdasarkan pengetahuan & pengalaman yang dimiliki. Tanpa memiliki kemampuan untuk menalar dengan baik, manusia dengan segudang pengalaman dan pengetahuan tidak akan dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Demikian juga dengan kemampuan menalar yang sangat baik,namun tanpa bekal pengetahuan dan pengalaman yang memadai,manusia juga tidak akan bisa menyelesaikan masalah dengan baik.

Oleh karena itu agar mesin bisa cerdas (dapat bertindak sebaik & seperti manusia), maka mesin harus diberi bekal pengetahuan & kemampuan untuk menalar.

Comments :

0 komentar to “History Of Al”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by All About Computer Science